Presiden Jokowi Minta Pelaksanaan Protokol Kesehatan Kembali Digaungkan

| Senin, 04/07/2022 18:40 WIB
Presiden Jokowi Minta Pelaksanaan Protokol Kesehatan Kembali Digaungkan Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: twitter @setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat setingkat menteri untuk kembali menggaungkan pelaksanaan protokol kesehatan (Prokes) di tengah situasi kasus COVID-19 yang kembali meningkat beberapa pekan terakhir. Presiden menyampaikan saat memimpin Rapat Terbatas (Ratas) Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 4 Juli 2022, hal itu penting demi menghindari potensi pengendalian situasi COVID-19 yang mengganggu situasi perekonomian Indonesia.

"Perlu kita gaungkan kembali pelaksanaan protokol kesehatan. Ini penting karena kita tidak mau pengendalian COVID ini bisa mengganggu ekonomi kita," ujarnya dilansir dari antaranews.

Sebagaimana dijelaskannya, ratas yang digelar hari inimembahas lebih lanjut mengenai upaya penanganan lonjakan kasus COVID-19 karena masuknya varian Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia yang diprediksi terjadi pada pekan kedua atau ketiga bulan Juli 2022. "Kembali kita akan mengevaluasi kebijakan PPKM yang kita tahu kasus per 3 Juli kemarin ada sebanyak 1.614 kasus dan diprediksi puncak kasusnya akan berada di bulan Juli ini, pada minggu kedua atau minggu ketiga," terangnya.

Pada kesempatan itu, salah satu hal yang ditekankan Presiden Jokowi adalah upaya mendorong pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis penguat atau booster bagi masyarakat yang sampai saat ini baru mencapai 24,5 persen. Secara khusus Presiden meminta kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Muhammad Andika Perkasa, Kementerian Kesehatan, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk terus mendorong pelaksanaan vaksinasi booster.

"Terutama, di kota-kota yang memiliki tingkat interaksi antarmasyarakat tinggi," ucap Jokowi.

Tags : Jokowi , Protokol Kesehatan , Omicron , COVID-19 , Booster , Indonesia