Kemnaker: Perubahan Iklim Harus Diatasi Secara Global

| Jum'at, 08/07/2022 19:35 WIB
Kemnaker: Perubahan Iklim Harus Diatasi Secara Global Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM – Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagekerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi mengatakan, perubahan iklim merupakan tantangan yang membutuhkan respon global.

“Ini bukan hanya masalah lingkungan, tetapi menjadi masalah sosial dan ekonomi. Perubahan iklim juga memiliki dampak yang luas pada masalah ketenagakerjaan,” kata Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi secara virtual, Jumat 8 Juli 2022.

Anwar Sanusi mengungkapkan, Indonesia telah menunjukkan komitmen iklim yang luar biasa dalam dekade terakhir. Menurutnya, sejak ratifikasi Paris Agreement tahun 2016, Pemerintah telah memasukkan pertimbangan tentang iklim ke dalam agenda pembangunan dan kebijakan nasional dengan menetapkan net zero emission. 

Sementara itu, kata Anwar Sanusi, inisiatif awal diambil oleh Kementerian Ketenagakerjaan yang berencana mengembangkan aksi nasional terhadap dampak perubahan iklim pada sektor ketenagakerjaan dan daftar pekerjaan kritis.

"Dalam aksi nasional ini, Kemnaker akan membuat rencana jangka pendek untuk merespon isu transisi yang berkeadilan," katanya.

Lebih lanjut, Anwar Sanusi menyampaikan bahwa tugas mengatasi perubahan iklim tidak hanya mendesak, tetapi juga berkaitan erat dengan pemulihan yang inklusif dan langgeng dari pandemi. 

"Dengan komitmen dan kerja sama internasional, kita dapat melakukan transisi ke net zero emission dan mencapai ketahanan iklim, sehingga kawasan kita muncul lebih kuat dari sebelumnya," ucap Anwar Sanusi.

Tags : Perubahan Iklim , Kemnaker

Berita Terkait