Gus Halim Minta Kades Prioritaskan Pengembangan dan Keunikan Desa

| Selasa, 12/07/2022 16:25 WIB
Gus Halim Minta Kades Prioritaskan Pengembangan dan Keunikan Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar meminta seluruh kepala desa untuk memprioritaskan pengembangan potensi dan keunikan desa.

Menurut Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, pengembangan desa wisata harus bisa dimanfaatkan dalam jangka Panjang, terus menerus dan menjadi ciri khas atau icon yang tidak hanya mengikuti tren masa kini.

"Jangan latah membangun desa wisata dan akhirnya semua pabrikan. Ini tidak akan pernah bertahan kalau begitu. Pantai Kuta sejak buyut kita lahir ya seperti itu. Tapi sampai saat ini setiap ke Kuta selalu menyenangkan ya karena alam. Kondisi yang dimiliki desa secara khusus pasti memiliki daya tahan yang cukup besar," kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar di Ubud, Bali, Selasa 12 Juli 2022.

Gus Halim-sapaan akrabnya menyampaikan, sektor wisata menjadi salah satu bidang yang banyak dipilih dalam membangun desa dengan beberapa hal yang menjanjikan salah satunya berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi.

“Setiap desa harus memiliki ciri khas tertentu sehingga pariwisata yang dikembangkan bisa bersifat terus menerus dan tidak bisa ditiru,” imbuhnya.

Sebelumnya, Gus Halim menyampaikan bahwa Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus memberikan atensi kepada pengembangan desa wisata baik yang dikelola BUMDes maupun BUMDes Bersama.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa