Menkes Budi Sebut Penggunaan Masker di Dalam dan Luar Ruangan Hanya Imbauan

| Selasa, 12/07/2022 21:50 WIB
Menkes Budi Sebut Penggunaan Masker di Dalam dan Luar Ruangan Hanya Imbauan Masyarakat diimbau tetap gunakan masker diluar ruangan. (Doc: Harian Nasional)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mendukung kebijakan menggunakan masker di ruang terbuka yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. Disampaikannya, walaupun sifatnya hanya imbauan, masyarakat tetap diminta waspada mengingat angka COVID-19 kembali naik beberapa hari terakhir.

"Pak presiden mengimbau karena sekarang ada kenaikan kasus lebih baik kita waspada. Jadi teman-teman kalau kerumunan kayak gini. Apalagi ada beberapa yang batuk, baik itu di dalam atau di luar ruangan, lebih baik kita pakai masker,"ujar Menkes Budi dilansir dari okezone.com, Selasa, 12 Juli 2022.

Budi menyampaikan penggunaan masker baik di dalam maupun di luar ruangan merupakan tindak kewaspadaan mencegah penularan COVID-19. Hal ini pun telah sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi.

"Bapak presiden banyak dipuji, karena memang ekonomi kita baik karena penanganan pandeminya bagus," tuturnya.

Menkes Budi menyampaikan bahwa angka penyebaran COVID-19 di Indonesia yang mencapai 2.200 per harinya. Walaupun meningkat, angka tersebut dinilai masih tergolong sangat baik karena berada di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) sebesar 7.800 per harinya.

"Jadi selama masih di bawah 7800, itu standar WHO-nya masih PPKM level 1 pakai istilah transmission indicated. Selama masih di bawah 7800, di mata WHO kondisinya (Indonesia) masih sangat baik," tukasnya.

Tags : Menteri Kesehatan , Masker , COVID-19 , Jokowi , Indonesia