Indonesia Terus Merajut Persahabatan Demi Stabilitas dan Perdamaian Dunia

| Kamis, 28/07/2022 22:45 WIB
Indonesia Terus Merajut Persahabatan Demi Stabilitas dan Perdamaian Dunia Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri RI). (Foto: Kemlu RI)

RADARBANGSA.COM - Indonesia terus berupaya merajut persahabatan dan menjalin kerja sama antarnegara untuk mewujudkan stabilitas dan perdamaian dunia. Sejumlah isu kawasan dan dunia mulai dari konflik Ukraina dan Rusia, situasi di Myanmar, Semenanjung Korea, Laut Cina Selatan, hingga non-proliferasi nuklir pun menjadi topik bahasan dalam pertemuan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida.

"Pesan yang disampaikan Bapak Presiden pada intinya adalah di tengah situasi dunia yang penuh rivalitas, Indonesia justru lebih giat membangun kerja sama dan persahabatan dengan negara-negara dunia. Indonesia akan terus merajut persahabatan demi stabilitas dan perdamaian dan juga demi kemakmuran dunia," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, dilansir dari laman resmi Setkab RI, Kamis, 28 Juli 2022.

Menlu menyampaikan, Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya semua negara menjaga stabilitas perdamaian di Laut Cina Selatan. "Satu-satunya jalan agar stabilitas dan perdamaian terjaga adalah dengan menghormati hukum internasional terutama UNCLOS 1982," ujar Menlu Retno mengutip pernyataan Presiden.

Selain itu, Menlu mengungkapkan bahwa dalam pertemuan Presiden Jokwi turut menyoroti mengenai situasi terkini di Myanmar. "Presiden menyampaikan kekecewaan terhadap tidak adanya kemajuan signifikan implementasi 5-Point Consensus," tukasnya.

Tags : Menlu RI , Jokowi , Perdamaian Dunia , Indonesia