Gus Halim Ungkap Tiga Prinsip Dasar Kembangkan Desa Wisata

| Jum'at, 29/07/2022 18:31 WIB
Gus Halim Ungkap Tiga Prinsip Dasar Kembangkan Desa Wisata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menjelaskan tiga prinsip dasar membangun desa wisata yang ideal dan dapat diadopsi oleh para perangkat desa di seluruh Indonesia.

“Pertama Menyusun master plan agar desa wisata lebih terarah,” kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar di Mojokerto, Kamis 28 Juli 2022.

Kedua, kata Gus Halim-sapaan akrabnya, desa yang memiliki potensi desa wisata bisa menggandeng desa tetangga untuk berinvestasi dengan memaksimalkan fungsi BUM Desa atau BUM Desa Bersama untuk berbagi saham atas kepemilikan desa wisata. "

Ini yang disebut dengan kolaborasi, sehingga semua punya rasa kepemilikan yang tinggi terhadap aset yang memang luar biasa ini," jelas Gus Halim.

Ketiga, Gus Halim mengingatkan agar wisata tidak menjadi tujuan pembangunan. Menurutnya, wisata merupakan salah satu dampak positif dari pembangunan desa.

"Lakukan apa yang bermanfaat bagi alam, bagi lingkungan, bagi pengairan, bagi pertanian, bagi kehidupan warga masyarakat. Wisata itu dampak yang dihasilkan dari kondisi itu," tutup Gus Halim.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait