KPU: Generasi Muda Pangsa Besar Pemilih pada Pemilu 2024

| Jum'at, 29/07/2022 21:59 WIB
KPU: Generasi Muda Pangsa Besar Pemilih pada Pemilu 2024 Logo KPU. doc. @KPU_ID

RADARBANGSA.COM - Anggota KPU RI Mochammad Afifuddin menghadiri Kick Off Kanal Pemilu 2024 dan Gerakan Muda Memilah Memilih (3M) yang digelar oleh Medcomid, di Lobi Gedung Grand Metro TV Jakarta, Jumat 29 Juli 2022.

Dalam kesempatan itu, Afifuddin mengatakan, Pemilu bagi KPU merupakan musyawarah besar rakyat Indonesia, kerja demokrasi yang asosiasinya itu bukan hura-hura, melainkan kerja demokrasi yang meriangkan, menggembirakan dan tidak memecah belah.

“Maka yang kita kedepankan adalah hal-hal positif, memilah berarti ada hal-hal yang harus kita pilih dari yang baik, bukan mengedepankan, mencari atau menjelekkan yang lalu, tetapi menonjolkan kebaikan-kebaikan dari apa yang ada,” kata Afifuddin.

Afif menegaskan KPU ingin Pemilu Serentak Tahun 2024 ini menjadi pemilu yang menyatukan atau mengintegrasikan bukan membelah, benar-benar menjadi sarana yang menyatukan bangsa Indonesia sebagai ajang integrasi bangsa bukan sarana disintegrasi.

Menurut Afif istilah muda memilah itu penting, setelah dipilah mana yang paling baik baru kemudian dipilih. Selain itu generasi muda saat ini merupakan pangsa besar pemilih pada Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024.

“Dalam konteks KPU, kegiatan ini kami anggap sangat penting karena generasi Z ini dalam catatan kami dari sekitar 190 juta pemilih, dia ada di sekitar 15% atau 30-an juta, kemudian generasi Y sebanyak 63 juta. Jadi generasi Y dan Z hampir 100 juta, tentu ini pangsa pemilih yang luar biasa,” tutur Afif.

Turut hadir pada acara tersebut Anggota Bawaslu RI Puadi, CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib, CEO Medcom.id Kania Sutisnawinata, dan pemimpin redaksi Metro TV Arief Suditomo serta tokoh partai politik.

Tags : Pemilu Serentak , Pilkada 2024