Gus Halim: Desa Punya Peranan Penting Wujudkan Ketahanan Pangan

| Senin, 01/08/2022 22:22 WIB
Gus Halim: Desa Punya Peranan Penting Wujudkan Ketahanan Pangan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menegaskan, desa memegang peranan sangat strategis untuk mewujudkan ketahanan pangan.

“Kita sadari betul betapa desa ini sangat strategis di dalam perencanaan, pelaksanaan pembangunan dan implementasi kebijakan," kata Mendes PDTT Halim Iskandar di Sragen, Sabtu 30 Juli 2022 lalu.

Gus Halim- sapaan akrabnya berharap seiring berjalannya waktu peran desa semakin maksimal untuk menjawab segala soal bangsa khususnya ketahanan pangan. Menurutnya, apabila urusan pangan di desa teratasi, maka otomatis 71 persen masalah pangan nasional sudah beres.

"Alhamdulillah Indonesia sampai hari ini masih nyaman-nyaman saja, itu semata-mata karena kita punya 74.961 desa, yang itu sama dengan 91 persen wilayah Indonesia atau itu sama dengan 71 persen penduduk Indonesia," pungkasnya.

Diketahui, berdasarkan data Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) ternyata 71 persen penduduk Indonesia adalah warga desa. Sementara wilayah Indonesia terdiri 91 persen desa. Dengan kata lain hanya terdapat 9 persen wilayah kelurahan.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa