Kemnaker: Job Fair Virtual Lebih Efisien dan Mudahkan Pencari Kerja

| Kamis, 04/08/2022 21:01 WIB
Kemnaker: Job Fair Virtual Lebih Efisien dan Mudahkan Pencari Kerja Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah provinsi Jawa Tengah tengah menggelar Pameran Bursa Kerja atau Job Fair virtual, Kamis 4 Agustus 2022. Hadir dalam kesempatan ini, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi.

Dalam kesempatan itu, Anwar Sanusi mengatakan,  job fair secara virtual merupakan upaya sangat bermanfaat dan memiliki kontribusi besar terhadap penciptaan peluang kerja.

"Pelaksanaan job fair virtual ini lebih efisien karena akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan baik oleh pencari kerja, perusahaan, bahkan penyelenggara," kata Anwar Sanusi.

Berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Februari 2022, Indonesia memiliki 208,54 juta penduduk usia kerja, terdiri dari 64,53 juta atau 30,94 persen penduduk bukan angkatan kerja dan 144,01 juta atau 69,06 persen penduduk angkatan kerja. Data Sakernas juga menunjukan laju tingkat pengangguran terbuka (TPT) berjumlah 8,40 Juta atau 5,83 persen yang mengalami penurunan dari Februari 2021 menjadi 0,43 persen.

"Ini merupakan tanda bangkitnya aktivitas produksi akibat pelonggran pembatasan sosial yang meningkatkan mobilitas baik bahan produksi atau juga barang untuk siap dijual oleh perusahaan," jelas Anwar.

Menurut Anwar, Kemnaker telah menyediakan layanan ketenagakerjaan untuk masyarakat mendapatkan informasi ketenagakerjaan, seperti pelatihan, lowongan pekerjaan, pemagangan, dan kelembagaan yang dapat diakses secara umum melalui SIAP Kerja.

"Saya ingin data pengunjung, peserta atau perusahaan dan pencari kerja sampai dengan penempatan tenaga kerja dapat terdokumentasi dengan baik dan mudah," tukasnya.

Tags : Job Fair , Kemnaker , Tenaga Kerja

Berita Terkait