CCM Asia Manfaatkan Global Fund Atasi HIV/AIDS, TBC dan Malaria di Indonesia

| Jum'at, 05/08/2022 20:23 WIB
CCM Asia Manfaatkan Global Fund Atasi HIV/AIDS, TBC dan Malaria di Indonesia Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono (foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) dr. Dante Saksono Harbuwono telah terpilih sebagai Alternate Board Member (ABM) Country Coordinating Mechanism (CCM) Asia Tenggara periode 1 Juni 2022 – 31 Mei 2024.

Dalam programnya, CCM Asia akan memfokuskan pada optimalisasi pengendalian HIV/AIDS, TBC, dan Malaria di Indonesia. Diketahui, CCM merupakan pengelola Hibah Global Fund.

“Agenda kita adalah fokus pada optimalisasi pengendalian HIV/AIDS, TBC, dan Malaria,” ujar Wamenkes Dante dalam rilisnya, Jumat, 5 Agustus 2022.

Menurut Wamenkes Dante, Indonesia perlu fokus untuk meningkatkan deteksi tuberkulosis. Berdasarkan data Global Fund dan Kementerian Kesehatan, Tahun 2022 tercatat sebanyak 824 ribu kasus TBC. Dari jumlah tersebut baru 286 ribu kasus terdeteksi, sisanya 537 ribu kasus belum terdeteksi.

“Deteksi yang rendah juga terjadi pada HIV/AIDS. Tahun ini, dari target 97 ribu kasus terdeteksi, baru 13 ribu (13%) yang ditemukan,” kata Dante.

Sementara itu, lanjut Dante, kasus positif malaria dan annual parasite index (API) cenderung meningkat, terutama di wilayah Indonesia Timur. Dari tahun 2020 ke 2021 kasus positif malaria naik 50 ribu kasus.

“Upaya pencapaian target pengendalian HIV/AIDS, TBC, dan Malaria akan dikejar hingga 2024. Untuk HIV/AIDS target cakupannya penemuannya 90%, target pengobatannya 90%. Untuk TBC juga 90% penemuan kasus dan 90% pengobatan,” tukasnya.

Tags : CCM Asia , Global Fund , Malaria

Berita Terkait