Bermitra dengan BOSF, Gus Halim Apresiasi Keterlibatan BUMDes Penyang Lestarikan Orangutan

| Jum'at, 02/09/2022 17:30 WIB
Bermitra dengan BOSF, Gus Halim Apresiasi Keterlibatan BUMDes Penyang Lestarikan Orangutan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar saat melakukan kunker ke Kalimantan Tengah (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim memberikan apresiasi BUM Desa Penyang Karuhey milik Desa Pilang, Kalimantan Tengah yang telah berhasil mendayagunakan potensi desa, BUM Desa Penyang menjalin kemitraan dengan organisasi internasional non-pemerintah (INGO) yaitu Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) yang fokus pada konservasi pelestarian Orangutan Kalimantan dan habitatnya.

"Kegiatannya sangat mulia sekali, selain untuk pertumbuhan ekonomi BUM Desa ini punya dampak yang luar biasa bagi lingkungan," kata Gus Halim di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Jumat, 2 September 2022.

Selain memberikan apresiasi, Gus Halim juga memberikan modal kepada  BUMDesa Penyang Karuhey yang telah menjalankan fungsinya dengan menampung dan membeli hasil pertanian milik warga seperti pisang, tebu, terong, nanas dan lainnya.

Baca juga: Kejar Pembangunan Desa, Gus Halim Targetkan Satu Desa Satu Pendamping Desa

Kemudian dijual ke pihak BOSF yang bermitra dengan PT Sawit Sunbermas Sarana, untuk dijadikan pakan Orangutan yang dalam proses konservasi alias sebelum dilepas liarkan.

“Sejak adanya skema kerja sama antara BUM Desa Penyang Karuhey, BOSF dan PT Sawit Sunbermas Sarana itu warga sudah tidak kesulitan lagi menjual hasil pertanian karena sudah ditampung langsung oleh BUM Desa dan dijadikan pakan Orangutan,” jelas Gus Halim.

Tags : BUMDes , Kemendes PDTT , Gus Halim

Berita Terkait