Menkeu Sri Mulyani: APBN 2023 Dirancang Penuh Optimis Namun Waspada

| Jum'at, 02/09/2022 22:45 WIB
Menkeu Sri Mulyani: APBN 2023 Dirancang Penuh Optimis Namun Waspada Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, arsitektur APBN 2023 dirancang dengan semangat optimisme, namun tetap dengan kewaspadaan yang tinggi.

Menurut Menkeu Sri Mulyani, ekonomi yang mampu tumbuh impresif hingga 5,44% pada triwulan II 2022 serta inflasi yang terjaga pada level moderat 4,94% per Juli 2022, menjadi landasan optimisme dalam merancang kebijakan fiskal tahun mendatang.

“RAPBN 2023 dengan demikian masih akan memegang peran, pertama menjadi tools untuk mengabsorbsi syok yang mungkin terjadi,” ungkap Menkeu Sri Mulyani dalam rilisnya, Jumat, 2 September 2022.

Menkeu Sri Mulyani menyampaikan, APBN masih akan mengoptimalkan perannya sebagai shock absorber dalam merespon berbagai tantangan ke depan, yakni kenaikan harga komoditas, menjaga daya beli masyarakat, serta momentum pemulihan ekonomi.

Sementara itu, kata Menkeu Sri Mulyani, Kebijakan fiskal 2023 akan berfokus pada lima hal yakni penguatan kualitas SDM unggul, akselerasi pembangunan infrastruktur pendukung transformasi ekonomi, reformasi birokrasi dan penyederhanaan regulasi, pelaksanaan revitalisasi industri, dan pembangunan dan pengembangan ekonomi hijau.

“RAPBN 2023 didesain senantiasa waspada, antisipatif, dan responsif terhadap berbagai kemungkinan skenario yang bergerak sangat dinamis dan berpotensi menimbulkan gejolak,” tukasnya.

Tags : APBN 2023 , Disrupsi Global , Inflasi

Berita Terkait