Presiden Jokowi Terima Kunjungan Pertama Presiden Marco Jr di Istana Bogor

| Senin, 05/09/2022 16:26 WIB
Presiden Jokowi Terima Kunjungan Pertama Presiden Marco Jr di Istana Bogor Presiden Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Presiden Filipina Marco Jr di Istana Bogor, Senin 5 September 2022 (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut kunjungan kenegaraan Presiden Republik Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr. beserta Ibu Louise Araneta–Marcos, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, 5 September 2022.

Presiden Marcos Jr. dan Ibu Louise Araneta beserta rombongan tiba di halaman Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 10.00 WIB. Ketibaan diiringi dengan pasukan berkuda, pasukan berbusana tradisional, dan marching band Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Setelah masuk di Istana, Presiden Marcos Jr menandatangani buku tamu yang kemudian menanam pohon di belakang istana.

Kunjungan ke Indonesia kali ini, merupakan lawatan luar negeri pertama Presiden Marcos Jr. sejak dilantik pada Juni lalu. Presiden Filipina menyampaikan, pemilihan Indonesia antara lain didasari karena kedekatan Indonesia secara geografis dan budaya maupun etnis.

“Saya memilih Indonesia, Jakarta, menjadi kunjungan kepresidenan pertama saya karena berbagai alasan. Salah satunya adalah bahwa kita dekat dalam hal, tidak hanya dalam hal lokasi geografis tetapi kita dekat dalam hal budaya, kita dekat dalam hal etnis. Saya pikir itu akan menjadi kemitraan yang kuat yang akan kita lakukan, seiring secara perlahan kita keluar dari ekonomi pandemi,” ujar Presiden Marcos Jr.

Presiden Filipina juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Pemerintah Indonesia atas undangan dan kehangatan yang ia terima.

“Meskipun saya baru pertama kali ke Jakarta, kami melihat-lihat dan saya merasa seperti di rumah sendiri. Itu karena Anda begitu hangat, Anda telah menyambut kami dengan sangat hangat,” ujar Presiden Marcos Jr.

Tags : Presiden Jokowi , Presiden Filipina Marcos Jr