BNPB Gelar Bimtek Fasilitator Pencegahan PMK di 5 Provinsi

| Kamis, 15/09/2022 22:52 WIB
BNPB Gelar Bimtek Fasilitator Pencegahan PMK di 5 Provinsi Bimtek fasilitator pencegahan PMK (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali menggelar Bimbingan Teknis kepada Fasilitator Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di lima provinsi yakni Jawa Timur, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Banten dan Nusa Tenggara Barat.

“Melalui bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pencegahan PMK dan terselenggaranya surveilans melalui pengerahan dan pengelolaan relawan penanganan PMK,” ucap Direktur Kesiapsiagaan BNPB, Pangarso Suryotomo dalam rilisnya, Kamis, 15 September 2022.

Dengan terselenggaranya bimtek ini, lanjut Pangarso, diharapkan adanya keselarasan langkah dan keterlibatan dari berbagai pihak dalam upaya pencegahan PMK agar segera tercapai target zero case.

“Peserta di setiap daerah sekitar 100 orang yang terdiri dari penyuluh pertanian dan peternakan, tenaga kesehatan hewan, perwakilan kelompok ternak, penyuluh ternak, Babinsa, Babhinkamtibmas, dan relawan setempat,” katanya.

Sementara itu menurut Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, BNPB yang juga Satgas Penanganan PMK Nasional terus menggencarkan upaya pencegahan penyebaran PMK.

“Dengan mengadakan kegiatan serupa sebelumnya di wilayah Aceh, Lampung, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Bali,” tukasnya.

Tags : PMK , Hewan Ternak , Satgas PMK

Berita Terkait