Sekjen Kemenkes: Dinas Kesehatan Ujung Tombak Hadapi Pandemi Covid-19

| Senin, 19/09/2022 22:59 WIB
Sekjen Kemenkes: Dinas Kesehatan Ujung Tombak Hadapi Pandemi Covid-19 Covid Varian Baru (sumber:istimewa)

RADARBANGSA.COM – Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Sekjen Kemenkes), Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan ujung tombak kesehatan dalam menghadapi pandemi COVID-19 ada di level dinas kesehatan.

“Dengan COVID-19 maka sudah saat yang tepat kita melakukan transformasi kesehatan dan khususnya di Dinas Kesehatan,” kata Kunta Wibawa Dasa Nugraha di Bali, Senin, 19 September 2022.

Menurut Kunta, Kemenkes dan dinas kesehatan bisa berkoordinasi dan mempunyai tujuan yang sama untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan, yakni melalui transformasi kesehatan.

“Transformasi kesehatan merupakan salah satu amanat dari Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Kesehatan setelah sebelumnya melaksanakan tugas menyelesaikan pandemi COVID-19 dan mensukseskan vaksinasi,” katanya.

Menurut Kunta, pemerintah telah mengusung 6 pilar transformasi Kesehatan, yaitu layanan primer, transformasi layanan rujukan rumah sakit, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

“Saya harapkan dinas kesehatan melaksanakan transformasi ini sehingga masyarakat juga menyadari untuk hidup sehat,” harapnya.

Tags : Virus Corona , Covid19 , Gugus Tugas