Harga Kopra Turun, Presiden Jokowi: Ini Dipengaruhi Pasar Internasional

| Rabu, 28/09/2022 23:34 WIB
Harga Kopra Turun, Presiden Jokowi: Ini Dipengaruhi Pasar Internasional Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: twitter @setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, kopra merupakan salah satu komoditas yang harganya dipengaruhi oleh pasar internasional.

“Kopra ini kan komoditas yang harganya banyak ditentukan oleh internasional,” kata Presiden Jokowi di Pasar Rakyat Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Rabu (28/09/2022).

Menurut Presiden Jokowi, naik turunnya sebuah komoditas kopra ini sulit diintervensi oleh pemerintah, sama dengan Crude Palm Oil (CPO) karena masuk ke pasar bebas.

“Sama seperti dulu waktu harga sawit jatuh, ya kita, karena itu komoditas internasional, kopra juga sama, karena masuknya sudah masuk ke pasar bebas,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi menyampaikan, dirinya telah mendengar aspirasi para petani yang mengeluhkan jatuhnya harga kopra. Untuk itu, ia akan mengecek langsung ke lapangan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi.

“Saya mau cek detail seperti apa problemnya. Kalau pemerintah bisa mengintervensi, tapi pasar tidak bisa, mekanisme pasar tidak bisa diintervensi,” ujarnya.

Presiden Jokowi menuturkan, tak hanya kopra harga sejumlah komoditas juga dipengaruhi oleh mekanisme pasar internasional, ”Yang banyak naik harga batu bara, CPO, nikel. Nah, ini pas kopranya turun. Belum tentu nanti akan naik lagi, karena memang situasi dunia tidak pasti,” tuturnya.

Tags : Kopra , CPO , Nikel , Batu Bara

Berita Terkait