Didukung Kemudahan Akses Bahan Baku, PMI Manufaktur Indonesia Kembali Meningkat

| Selasa, 04/10/2022 21:37 WIB
Didukung Kemudahan Akses Bahan Baku, PMI Manufaktur Indonesia Kembali Meningkat Pabrik otomotif di Kabupaten Boyolali, Jateng (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Purchasing Manager’s Index (PMI) Manufaktur Indonesia kembali meningkat seiring dengan peningkatan produksi dan ekspansi permintaan domestik baru.

“Aktivitas produksi berperan penting terhadap naiknya indeks, yang didukung oleh peningkatan permintaan, terutama dari dalam negeri,” kata Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Selasa, 4 Oktober 2022.

Agus Gumiwang menyampaikan bahwa berdasarkan hasil survei S&P Global menunjukkan, tingkat ekspansi sektor manufaktur Indonesia di periode ini merupakan yang tercepat dalam delapan bulan dan solid secara keseluruhan.

“Peningkatan PMI Manufaktur Indonesia kali ini juga disebabkan karena kemampuan industri. Terutama kemudahan akses terhadap bahan baku,” katanya.

Untuk diketahui, PMI Manufaktur Indonesia pada September 2022 melampaui angka PMI Manufaktur Dunia (50,3), ASEAN (53,5), Malaysia (49,1), Vietnam (52,5), Filipina (52,9), hingga Cina (48,1), Jepang (50,8), dan Korea Selatan (47,6).

Tags : Industri Manufaktur , PMI Manufaktur

Berita Terkait