Periode September 2022, BI: Penyesuaian Harga BBM Dorong Inflasi IHK

| Selasa, 04/10/2022 22:17 WIB
Periode September 2022, BI: Penyesuaian Harga BBM Dorong Inflasi IHK Seorang petugas saat mengisi BBM ke konsumen (foto: pertamina)

RADARBANGSA.COM – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Harga Konsumen (IHK) pada September 2022 mengalami inflasi sebesar 1,17% (mtm) setelah pada bulan sebelumnya mengalami deflasi sebesar 0,21% (mtm).

“Inflasi terutama bersumber dari peningkatan harga kelompok administered prices, di tengah penurunan inflasi inti dan deflasi pada kelompok volatile food,” kata Kepala Departemen Komunikasi, Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono dalam rilisnya, Selasa, 4 September 2022.

Menurut Erwin Haryono, inflasi kelompok administered prices pada September 2022 mencatat peningkatan menjadi 6,18% (mtm) dari inflasi pada bulan sebelumnya yang sebesar 0,33% (mtm).

“Peningkatan inflasi tersebut terutama dipengaruhi oleh first round effect dari penyesuaian harga BBM bersubsidi seperti yang tercermin pada kenaikan inflasi bensin, angkutan dalam kota, solar, angkutan kota antarprovinsi, dan tarif kendaraan online,” tukasnya.

Dengan perkembangan tersebut, kata Erwin, inflasi IHK September 2022 tercatat 5,95% (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi pada bulan sebelumnya sebesar 4,69% (yoy).

“Ke depan, tekanan inflasi IHK diprakirakan meningkat, akibat dampak lanjutan (second round effect) dari penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, menguatnya tekanan inflasi dari sisi permintaan, dan masih tingginya harga energi dan pangan global,” katanya.

 

Tags : Inflasi IHK , BBM , Bank Indonesia

Berita Terkait