Ketua DPR RI Minta Pemerintah Bantu Petani Gagal Panen Karena Sawah Terendam Banjir

| Jum'at, 14/10/2022 18:11 WIB
Ketua DPR RI Minta Pemerintah Bantu Petani Gagal Panen Karena Sawah Terendam Banjir Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta pemerintah memberikan bantuan kepada para petani yang gagal panen menyusul area persawahan maupun perkebunannya terendam banjir. Hal itu terjadi karena faktor cuaca ekstrem yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia beberapa hari terakhir yang menyebabkan banyak petani merugi akibat gagal panen.

"Pemerintah harus bisa mengatasi persoalan gagal panen yang dialami petani di sejumlah daerah. Mereka bukan hanya mengalami pengurangan keuntungan, tapi bahkan ada juga yang merugi karena sawah dan kebunnya terendam banjir," ujarnya dilansir dari laman resmi DPR RI, Jumat, 14 Oktober 2022.

Sejumlah sentra pertanian padi, buah, dan sayur mengalami gagal panen karena lahan persawahan dan perkebunannya terendam banjir. Curah hujan yang tinggi di atas normal juga mengakibatkan terjadinya peningkatan kelembaban dan menyebabkan makin bertumbuhnya organisme pengganggu tumbuhan (OPT) terutama penyakit.

Tak hanya itu, intensitas penyinaran di lahan pertanian pun turun dan berdampak terhadap menurunnya kualitas produk pertanian dan perkebunan. Puan lantas menyoroti beberapa daerah yang sebentar lagi panen raya.

"Kita harus memikirkan nasib para petani yang akan kehilangan penghasilan karena produksi taninya hancur akibat banjir," tutur Puan.

Tags : DPR RI , Petani , Gagal Panen , Cuaca , Indonesia