Gus Halim Beri Penghargaan kepada Walikota dan Kades Se-Kota Batu

| Senin, 17/10/2022 20:41 WIB
Gus Halim Beri Penghargaan kepada Walikota dan Kades Se-Kota Batu Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar memberikan penghargaan kepada walikota dan kades se Kota Batu (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar memberikan penghargaan kepada Kepala Desa se-Kota Batu Jawa Timur, yang telah berhasil beralih status menjadi Desa Mandiri.

Selain mendapat piagam penghargaan, 19 desa yang tersebar di tiga kecamatan di Kota Batu itu juga diberikan Lencana yang disematkan pada baju dinas Kepala Desa sebagai bentuk apresiasi atas prestasinya membangun desa.

“Ini supaya memicu kepada desa-desa lain sekaligus memberikan informasi kepada warga bahwa desanya sudah mandiri, karena Lencana dipakai untuk atributisasi kepala desa yang berhasil dan dipakai setiap hari,” Mendes PDTT Halim Iskandar di Kota Batu, Senin, 17 Oktober 2022.

Penghargaan Lencana Bakti Desa Utama juga diberikan kepada Walikota Batu, Dewanti Rumpoko atas prestasinya berhasil membuat seluruh desa yang berjumlah 19 desa di wilayah itu, berstatus Desa Mandiri hasil pengukuran Indeks Desa Membangun (IDM) Kemendes PDTT.

“Jadi pada level Walikota beliau adalah satu-satunya seluruh Indonesia yang desanya sudah mandiri semua,” tambahnya.

Menurut Gus Halim-sapaan akrabnya, selain menjadi satu-satunya Kota yang seluruh desanya telah berstatus mandiri, di Kota Batu juga terdapat tiga desa yang masuk 10 besar rangking tertinggi berdasar hasil penilaian IDM Kemendes PDTT.

“Adapun tiga desa yang dimaksud yaitu Desa Sidomulyo dan Oro-oro Ombo di Kecamatan Batu, serta Desa Punten di Kecamatan Bumiaji,”katanya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait