Pasca Insiden Lion, Gus Muhaimin Desak Kemenhub Kontrol Seluruh Transportasi Publik

| Kamis, 27/10/2022 14:20 WIB
Pasca Insiden Lion, Gus Muhaimin Desak Kemenhub Kontrol Seluruh Transportasi Publik Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin). (foto: radarbangsa/Bang AL)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mendorong Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengontrol seluruh kondisi transportasi publik, baik transportasi udara, darat, maupun laut.

Hal ini ia utarakan usai rentetan beberapa peristiwa sarana transportasi, seperti terbakarnya mesin pesawat Lion Air pada Rabu kemarin dan terbakarnya kapal KM Express Cantika Lestari 77 di perairan Kabupaten Kupang, NTT. 

“Saya minta Kemenhub cek betul semua transportasi publik, mau yang udara, darat maupun laut semuanya. Pastikan seluruh transportasi tersebut memiliki kapasitas mesin yang baik dan layak jalan,” kata Gus Muhaimin di Jakarta, Kamis, 27 Oktober 2022.

Gus Muhaimin menyatakan, langkah tersebut penting dilakukan. Selain karena menjelang akhir tahun 2022 mobilitas masyarakat diperkirakan akan meningkat, saat ini pariwisata di Indonesia juga mulai bergeliat pasca dua tahun terpuruk imbas Pandemi.

“Kita sekarang ini sedang recovery paca pandemi, pariwisata juga sedang bergeliat lagi. Otomatis transportasi publik akan ikut terkerek ramai. Jadi momentum ini jangan sampai bikin masyarakat khawatir, was-was dan takut naik transportasi publik,” terang Gus Muhaimin.

Selain itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga mendorong Kemenhub berkoordinasi dengan pengelola transportasi udara, darat, dan laut untuk segera memperbaiki transportasi yang rusak.

“Pastinya koordinasi dengan penyedia transportasi harus intensif dilakukan Kemenhub. Kalau ditemukan ada moda transportasi yang sudah uzur, tidak laik jalan, ya jangan sungkan dimusnahkan. keselamatan penumpang merupakan prioritas utama,” tegas Gus Muhaimin.

Tags : DPR RI , Kemenhub , Transportasi , Gus Muhaimin , Indonesia