Percepat Penyuntikan Vaksin Booster, Pemerintah Distribusikan 5 Juta Vaksin Pfizer ke 25 Provinsi

| Senin, 31/10/2022 17:19 WIB
Percepat Penyuntikan Vaksin Booster, Pemerintah Distribusikan 5 Juta Vaksin Pfizer ke 25 Provinsi Vaksin Booster. (Foto: covidgoid)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendistribusikan 5 juta vaksin Covid-19 merek Pfizer ke 25 provinsi di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk pemenuhan vaksin di daerah.

“Ini merupakan upaya kita untuk mempercepat penyuntikan vaksin dosis lengkap sampai booster” ungkap Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Maxi Rein Rondonuwu dalam rilisnya, Senin, 31 Oktober 2022.

Dari lima juta vaksin tersebut, ungkap Dirjen Maxi, lebih dari 2.5 juta vaksin sudah didistribusikan ke provinsi/kabupaten/kota, sementara sisanya menjadi buffer stok pusat.

“Alokasi kami berikan sesuai dengan permintaan dari daerah” ungkap Maxi.

Terkait dengan pemanfaatan vaksin, Maxi mengingatkan bahwa alur penyuntikan vaksin harus dilakukan secara seksama sehingga vaksin dapat digunakan sebelum masa penyimpanan (shelf life) berakhir dengan ED Februari 2023, sesuai dengan prinsip penyimpanan Early Expired First Out (EEFO) serta First In First Out (FIFO).

“Untuk mendukung optimalisasi pemanfaatan vaksin COVID-19 Pfizer maka dapat dilakukan koordinasi dengan LS/LP terkait serta jejaring pelayanan kesehatan yang berada pada wilayah kerja masing-masing,” tukasnya.

Tags : Virus Corona , Covid19 , Gugus Tugas

Berita Terkait