Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Penataan Angkutan Massal Perkotaan

| Kamis, 03/11/2022 18:15 WIB
Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Penataan Angkutan Massal Perkotaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau dan menjajal LRT Jabodetabek dari Stasiun Cibubur ke Stasiun TMII, Rabu (9/6). (Foto: twitter @jokowi)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas (ratas) membahas pengembangan dan penataan angkutan massal perkotaan, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (02/11/2022).

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menekankan pentingnya angkutan massal terutama di wilayah perkotaan. Menurutnya, angkutan masal menjadi keharusan yang perlu diintensifkan.

“Bapak Presiden menekankan bahwa angkutan massal perkotaan menjadi satu keharusan yang diintensifkan, baik itu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang sudah ada maupun merencanakan dan membangun angkutan massal itu sendiri,” ungkap Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Menurut Menhub Budi, perlu ada percontohan dalam pembangunan moda transportasi massa tersebut dan saat ini DKI Jakarta dinilai sebagai kota yang cukup representatif untuk percontohan tersebut.

“DKI adalah salah satu kota yang paling representatif untuk digunakan sebagai contoh. Di sini sudah ada MRT [moda raya terpadu], sudah ada LRT [light rail transit], nanti ditambah, nanti ada BRT [bus rapid transit], dan ini menjadi suatu modal bagi Jakarta dan bagi kota-kota yang lain,” ujarnya.

LRT Jabodebek Pemda Bekasi, imbuh Menhub Budi, Pemda Bogor, dan Pemda DKI Jakarta berkewajiban untuk meneruskan feeder baik itu berupa bus atau angkutan lainnya.

“Tadi sudah disepakati bahwa pemda, baik Pemda Jakarta maupun Pemda Sumsel akan mendukung adanya feeder, titik-titik perjumpaan yang namanya stasiun,” ujarnya.

Tags : Angkutan Massal , Transportasi Massal

Berita Terkait