Gus Halim Dorong Peran Pesantren Percepat Pembangunan Desa

| Rabu, 09/11/2022 20:46 WIB
Gus Halim Dorong Peran Pesantren Percepat Pembangunan Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar terus mendorong peran serta pengasuh pondok pesantren di seluruh Indonesia untuk aktif mempercepat pembangunan desa.

“Pesantren mempunyai sejarah Panjang menjadi pusat penggerak aktivitas masyarakat desa. Maka tugas saya adalah terus mendorong agar sinergitas antara desa dengan pesantren yang ada di desa,” kata Mendes PDTT Halim Iskandar di Semarang, Selasa, 8 November 2022 kemarin.

Gus Halim sapaan akrabnya, menjelaskan pondok pesantren di berbagai pelosok desa di Indonesia selama ini tidak hanya menjadi pusat-pusat pendidikan. Tetapi pesantren juga menjadi pusat gerakan ekonomi maupun sosial budaya masyarakat di sekitarnya.

“Maka pengaruh dari para bu nyai yang menjadi pengasuh pondok putri sangat besar dalam menggerakan pesantren sebagi pusat kegiatan masyarakat di sekitarnya,” ujarnya.

Gus Halim mengungkapkan masyarakat atau desa yang berlokasi di sekitar pondok pesantren cenderung lebih sejahtera dibanding desa-desa lainnya.

“Sehingga warga masyarakatnya bagian dari pesantren, pesantrennya menjadi bagian dari masyarakat,” pungkasnya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa