Presiden Jokowi-PM Lee Bertemu, Ini Yang Dibahas

| Kamis, 10/11/2022 22:54 WIB
Presiden Jokowi-PM Lee Bertemu, Ini Yang Dibahas Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Kamboja (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Hotel Sofitel Phnom Penh, Kamis malam, 10 November 2022.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, ada beberapa isu yang dibahas oleh Presiden Jokowi dan PM Lee yaitu soal G20, isu Myanmar, dan rencana pertemuan leaders’ retreat tahun depan.

“Mengenai G20, Singapura menyampaikan dukungan penuh terhadap Presidensi G20 Indonesia dan PM Singapura kembali memberikan konfirmasi akan hadir sebagai salah satu undangan,” ucap Menlu Retno Marsudi dalam keterangannya usai mendampingi Presiden Jokowi.

Sedangkan mengenai isu Myanmar, imbuh Menlu Retno, kedua pemimpin itu menyampaikan kekecewaannya atas situasi di Myanmar saat ini.

“Kedua pemimpin menyampaikan kekecewaan terhadap tidak adanya komitmen junta militer Myanmar dalam mengimplementasikan 5-point consensus,” ucap Retno.

Sementara itu, soal pertemuan leaders’ retreat tahun depan, Presiden Jokowi dan PM Lee Hsien Loong sepakat bahwa pertemuan itu dilaksanakan pada kuartal pertama di Singapura.

Diberitakan sebelumnya, dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN, Presiden Jokowi menghadiri pertemuan pemimpin ASEAN dengan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) di hotel Sokha, Phnom Penh.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengingatkan negara-negara ASEAN untuk tetap waspada meki perekonomian kawasan ini tetap positif saat dunia tengah dilanda gelombang krisis.

“Total GDP ASEAN masih di atas 3 triliun dolar AS dan ASEAN ekonomi terbesar ke-5 dunia. Dalam situasi guncangan finansial ini, tentu kita semua harus waspada,” katanya.

Tags : Presiden Jokowi , PM Singapura Lee