BMKG Siapkan Platform Khusus Informasi Cuaca Selama KTT G20 Bali

| Jum'at, 11/11/2022 07:01 WIB
BMKG Siapkan Platform Khusus Informasi Cuaca Selama KTT G20 Bali Pendakian Gunung Agung

RADARBANGSA.COM - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyiapkan platform khusus untuk informasi cuaca dan gempa selama rangkaian KTT G20 di Bali.

Platform khusus ini dapat diakses melalui https://publik.bmkg.go.id/g20/ dan https://inatews.bmkg.go.id/wrs/index.html.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meterorologi Geofisika dan Klimatologi Wilayah III Denpasar I Nyoman Gede Wiryajayamengatakan informasi yang ditampilkan selalu akan diperbaharui setiap saat. Secepat mungkin petugas memperbaharui segala informasi, khususnya info cuaca ekstrim yang belakangan terjadi.

“Tamu dan delegasi dapat mengakses segala ancaman kebencanaan serta mitigasinya. Jika terjadi keadaan darurat, seperti gempa, kami segera menyebarkan infomasi ke seluruh lini dan terhubung ke command center ITDC, serta posko Puja Mandala (Pusladops BPBD Bali),” kata Nyoman, dalam keterangan tertulisnya Kamis 10 November 2022. 

 

Adapun tautan https://publik.bmkg.go.id/g20/ ini jika dikilik melalui telepon genggam memuat prakiraan cuaca G20. Lengkap memberikan info resmi cuaca per jam, suhu udara serta kekuatan angin. Selain itu, tautan ini lengkap dengan grafis pemantauan cuaca.

Sementara tautan https://inatews.bmkg.go.id/wrs/index.html ini memberikan kekhususan informasi kegempaan. Memuat informasi resmi terbaru jika terdapat kegempaan di wilayah Indonesia.

Ia menambahkan BMKG juga memasang satu unit alat early warning system (EWS) sekitar 190 meter dari pantai dekat Hotel Ampuvura Kempinski. Alat tersebut memantau dengan real time.

BMKG menyiagakan dan mengerahkan patugas untuk menjalankan pemantauan baik di sekitar kegiatan konferensi hingga Bandara Internasional Ngurah Rai. 

 

Tags : bali , ktt , gunung agung

Berita Terkait