Gus Muhaimin Bedah Visioning Indonesia di Universitas Lambung Mangkurat

| Jum'at, 11/11/2022 12:41 WIB
Gus Muhaimin Bedah Visioning Indonesia di Universitas Lambung Mangkurat Abdul Muhaimin Iskandar (Ketua Umum DPP PKB). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin kedatangan tamu istimewa Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sekaligus Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar, Kamis, 10 November 2022.

Pria yang akrab disapa Gus Muhaimin itu didapuk menjadi pembicara utama dalam acara bertajuk Visioning Indonesia, Arah Kebijakan dan Peta Jalan Kesejahteraan. Acara yang digelar di Student Center ULM ini dihadiri Rektor ULM Prof. Dr. Ahmad, puluhan Guru Besar ULM, serta ratusan mahasiswa.

"Visoning ini adalah landasan dasar dari tantangan kita terutama kampus dalam melahirkan strategi baru pembangunan yang lebih efektif, yang lebih memadai, dan yang menyesuaikan dengan tantangan kesulitan di tingkat global," kata Gus Muhaimin.

Gus Muhaimin menyatakan, langkah maju pendidikan Indonesia sebetulnya sudah mulai dirasakan saat memasuki era reformasi. Saat itu ia bersama Fraksi PKB DPR RI getol memperjuangkan anggaran 20 persen APBN khusus untuk pendidikan.

"Saya tidak bermaksud membanggakan reformasi, tetapi reformasi telah mampu membangun fondasi yang tepat, contohnya UUD 1945 salah satu pasalnya mewajibkan APBN 20 persen untuk pendidikan," katanya.

"Awal-awal kita bikin pasal itu dimarahi sama semua ahli, politisi apaan itu, bikin patokan anggaran sampai 20 persen, APBN mana mampu kalau dipaksa-paksa seperti itu," sambung Gus Muhaimin sembari mengutip pernyataan ahli.

Meski mendapat cibiran hingga penolakan dari sejumlah ahli, Gus Muhaimin menyatakan sikap Fraksi PKB tetap tidak berubah. Ia meyakini pendidikan adalah kunci utama memajukan bangsa.

"Tapi justru karena kita punya visi maka kita paksakan, dan alhamdulillah pasal kewajiban 20 persen APBN untuk pendidikan benar-benar berbuah hasil yang baik hingga hari ini, dan 20 persen APBN untuk pendidikan ini adalah modal untuk kita take off di masa yang akan datang sampai melahirkan ilmu pengetahuan yang lebih adaptif terhadap perkembangan zaman," tukas Gus Muhaimin.

Di kesempatan ini, Gus Muhaimin yang hadir didampingi Sekjen DPP PKB M Hasanuddin Wahid dan anggota DPR RI Fraksi PKB Heru Widodo juga sempat menyapa dan berdiskusi langsung dengan mahasiswa disabilitas.

Maryamah, salah satu mahasiswa penyandang disabilitas mengaku senang bisa bertegur sapa dengan Gus Muhaimin. Ia menyebut bahwa aksesibilitas di ULM dan sejumlah tempat umum lainnya masih belum sepenuhnya ramah disabilitas.

"Di sini kursi roda masih kurang pak, kalau untuk ke perpustakaan aksesibilitasnya belum ada. Harapan saya ke depan lebih dipermudah lagi pak, termasuk untuk mahasiswa disabilitas seperti saya," tutur Maryamah.

 
Tags : Gus Muhaimin , Visioning , Indonesia

Berita Terkait