Gus Halim: Dana Desa 2023 Masih Fokus ke Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan SDM Desa

| Senin, 14/11/2022 20:28 WIB
Gus Halim: Dana Desa 2023 Masih Fokus ke Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan SDM Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) kembali menegaskan, penggunaan dana desa 2023 masih fokus pada pemulihan ekonomi dan peningkatan SDM desa.

Namun, kata Gus Halim, pada tahun anggaran 2023 mendatang, ada sedikit perbedaan yakni 3 persen dari dana desa dapat digunakan sebagai operasional pemerintahan desa.

“Dana operasional pemerintah desa paling banyak 3 persen dari pagu dana desa setiap desa,” kata Gus Halim dalam rilisnya, Senin, 14 November 2022.

Dalam acara Sosialisasi Kebijakan Penggunaan Dana Desa Tahun 2023 di Madiun yang dihadiri ratusan Kepala Desa se Jawa Timur itu, Gus Halim mengingatkan bahwa BLT DD tidak lagi 40 persen melainkan maksimal 25 persen. Dengan begitu Kepala Desa diharapkan kembali fokus menunaikan janji-janjinya kepada warga desa.

Dalam acara yang dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin selaku penggagas UU Desa yang mengatakan bahwa soal pengalamannya memperjuangkan UU Desa. Pasalnya, saat itu banyak politisi Senayan maupun akademisi yang tidak percaya dengan desa diberikan kewenangan yang besar.

“Kita semua terus memaksa pokoknya harus segera disahkan dan Alhamdulillah disahkan UU Desa nomor 6 tahun 2014,” jelas Gus Muhaimin.

Gus Muhaimin melanjutkan, sedari awal ia telah percaya bahwa desa pasti bisa sekaligus itu sebagai momentum perubahan arah pembangunan yang awalnya dari pusat ke daerah dibalik dari desa untuk nasional.

“Pembangunan diubah harus dimulai dari semua level bawah dan pembangunan desa inilah sebagai bagian dari perencanaan dimulainya pembangunan tidak lagi dari atas tetapi dari bawah,” tukasnya.

Tags : Dana Desa , Kemendesa PDTT , Gus Halim