Presiden Jokowi: KTT G20 Harus Hasilkan Langkah Nyata bagi Dunia

| Selasa, 15/11/2022 15:54 WIB
Presiden Jokowi: KTT G20 Harus Hasilkan Langkah Nyata bagi Dunia Pertemuan KTT G20 Bali (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di The Apurva Kempinski Bali, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (15/11/2022).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa dunia tertuju pada pertemuan bergengsi tersebut. Untuk itu, KTT G20 Bali ini harus membuahkan hasil nyata bagi dunia.

“Apakah kita akan mencetak keberhasilan? Atau akan menambah satu lagi angka kegagalan? Buat saya, G20 harus berhasil dan tidak boleh gagal,” ujar Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, dunia sedang mengalami tantangan yang luar biasa. Krisis demi krisis terjadi. Mulai dari Pandemi Covid-19 yang belum usai, rivalitas terus menajam, termasuk perang terjadi.

“Dampak berbagai krisis tersebut terhadap ketahanan pangan, energi, dan keuangan sangat dirasakan dunia terutama negara berkembang,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi berharap KTT G20 dapat terus menjadi katalis pemulihan ekonomi yang inklusif, “Kita tidak hanya bicara, tapi melakukan langkah-langkah nyata,” imbuhnya.

“Mari kita bekerja, dan mari kita bekerja sama untuk dunia. Recover together, recover stronger,” tukasnya.

Tags : Presidensi G20 , KTT G20

Berita Terkait