Ketua DPR RI Harap KTT G20 Perkecil Kesenjangan Antar Negara

| Selasa, 15/11/2022 19:41 WIB
Ketua DPR RI Harap KTT G20 Perkecil Kesenjangan Antar Negara Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 menjadi wadah yang berlandaskan dialog untuk memperkecil kesenjangan antar negara anggota. Presidensi Indonesia pun diharapkan mampu menurunkan ketegangan geopolitik yang kini terjadi.

"DPR RI mendukung sepenuhnya pelaksanaan KTT G20 di Bali dan berharap Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 menghasilkan kesepakatan pemimpin G20. G20 di Bali ini dapat memperkecil perbedaan antar negara, karena ada dialog. G20 di Bali harus menciptakan ruang saling percaya (mutual trust) dan menurunkan ketegangan geopolitik antara kekuatan besar," kata Puan seperti dilansir dari laman resmi DPR RI, Selasa, 15 November 2022.

Diungkapkannya, peran Indonesia dalam KTT G20 ini dinilai paling krusial dalam proses pemulihan ekonomi global. Selain itu, G20 di Bali menjadi platform global memperkuat dialog, kerja sama internasional, sekaligus sarana menyelesaikan krisis global yang bersifat multidimensi.

Untuk memastikan setiap tahapan dialog berjalan dengan lancar, ia meminta pemerintah Indonesia menjaga kepercayaan dunia sebaik mungkin. Persiapan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah disebut harus didukung oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia. Pasalnya, G20 diharapkan bisa menciptakan langkah konkrit dalam upaya mencegah resesi yang tengah mengancam negara-negara dunia.

"G-20 diharapkan dapat memperkuat koordinasi kebijakan fiskal dan moneter antar negara dalam mencegah perlambatan pertumbuhan ekonomi. Negara-negara G-20 harus lead by example dalam upaya mitigasi dan adaptasi dampak perubahan iklim, sesuai tingkat pembangunannya," tukas Puan.

Terkait perubahan iklim, negara-negara G20 harus menjadi contoh bagi negara-negara lainnya. Hal ini, kata Puan, sejalan dengan agenda pembangunan dunia yang bertujuan untuk kesejahteraan manusia secara global alias SDGs. Ia pun meminta KTT G20 memberi perhatian bagi kepentingan negara berkembang, terutama penduduk miskin yang terdampak langsung dari krisis dan pandemi COVID-19.

Puan lantas menyoroti sejumlah kesepakatan yang berhasil dicapai di bidang kesehatan, dekarbonisasi, dan restorasi mangrove dalam rangkaian KTT G20. Ia mengatakan, semua kesepakatan itu menjadi prestasi Presidensi Indonesia.

Mewakili DPR RI, Puan mengapresiasi Pemerintah atas berbagai persiapan maksimal dalam perhelatan puncak KTT G20 di Bali. Meski beberapa pimpinan negara tidak hadir, Puan yakin pemerintah sudah melakukan upaya komunikasi terbaik.

Tags : KTT G20 , DPR RI , Indonesia , COVID-19

Berita Terkait