Ketua DPR RI Minta Penanganan Korban Gempa Cianjur Jadi Prioritas

| Selasa, 22/11/2022 21:00 WIB
Ketua DPR RI Minta Penanganan Korban Gempa Cianjur Jadi Prioritas Sejumlah rumah ambruk akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Senin (21/11) siang. (Foto: BNPB)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta pemerintah agar proses tanggap darurat gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur dilakukan sebaik mungkin. Ditegaskannya, penanganan korban harus menjadi prioritas, baik evakuasi jenazah korban maupun perawatan terhadap korban-korban luka akibat gempa.

"Gotong royong dari wilayah lain seperti dari daerah Jawa Tengah dan DKI Jakarta dapat membantu mempercepat proses penanganan korban gempa, termasuk potensi SAR untuk evakuasi korban dan dari kelompok relawan," ujarnya dilansir dari laman resmi DPR RI, Selasa, 22 November 2022.

Menurut Politisi PDI Perjuangan ini, kerja sama berbagai elemen bangsa juga dapat mengoptimalkan segala proses yang dibutuhkan korban gempa. Apalagi, tutur Puan, banyak warga yang mengalami luka berat sehingga membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Tak hanya itu, Puan meminta kebutuhan untuk trauma healing bagi korban gempa juga diperhatikan. Sebab, tidak sedikit anak-anak yang turut menjadi korban gempa di Cianjur.

"Korban lainnya pun cukup banyak yang mengalami trauma akibat mengalami peristiwa memilukan. Trauma healing juga dibutuhkan untuk keluarga yang kehilangan sanak saudaranya," tuturnya.

Puan pun memastikan DPR RI mendukung pemberian bantuan dana dari Pemerintah bagi warga yang rumahnya rusak. DPR disebutnya akan mengawal pemberian bantuan sehingga semua warga mendapatkan haknya.

"Pengawasan diperlukan agar rumah yang dibangun harus berkonstruksi tahan gempa sehingga warga akan lebih aman tinggal di rumahnya," tutup Puan.

Tags : DPR RI , Gempa Bumi , Cianjur , Korban