Komisi VIII DPR RI Ingatkan BNPB Terkait Mekanisme Distribusi Bantuan Bencana

| Senin, 28/11/2022 19:50 WIB
Komisi VIII DPR RI Ingatkan BNPB Terkait Mekanisme Distribusi Bantuan Bencana Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mengatakan bahwa distribusi bantuan dari berbagai pihak terutama dari pemerintah dan dari masyarakat luar harus ada mekanisme yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Karena itu, pihaknya meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai Chief of Commander dari penanganan bencana, salah satunya di Kabupaten Cianjur untuk dapat membagi rata bantuan sesuai kebutuhan masyarakat dan ke depan terus dijaga ritmenya.

"Itu salah satu yang menjadi bahan evaluasi kita, karena kita tahu bahwa bencana ini tentu membutuhkan waktu yang cukup panjang menuju rehabilitasi dan rekonstruksi, karena itu tadi kita minta kepada BNPB dan pemerintah daerah untuk memperbaiki secara terus-menerus mekanisme distribusi bantuan termasuk titik pengungsian, agar pengungsiannya betul-betul juga manusiawi misalnya bahwa tempat pengungsian nya harus tersedia WC atau MCK yang layak," ujarnya dilansir dari laman resmi DPR RI, Senin, 28 November 2022.

Politis Partai Golkar ini juga mendorong agar perlu adanya koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah, terutama dalam hal tempat relokasi bagi warga. "Termasuk memastikan jumlah pengungsi yang cukup banyak ini apakah dalam jangka waktu tertentu, apakah mereka akan tetap di pengungsian atau kembali ke rumahnya masing-masing dengan syarat bahwa rumah yang rusaknya tersebut sudah bisa dibangun oleh pemerintah," tuturnya.

"Hal semacam ini kita pastikan dan tentu Nanti secara detil, komisi VIII DPR RI dengan teman-teman mitra kita akan bahas secara lebih detail nanti di DPR terkait dengan rehabilitasi dan rekonstruksi dari pasca gempa di Cianjur," imbuhnya.

Tags : DPR RI , BNPB , Bantuan , Bencana , Cianjur , Indonesia