Penanganan Gempa Cianjur, Gus Halim: Boleh Pakai Talangan Dana Desa

| Senin, 28/11/2022 23:27 WIB
Penanganan Gempa Cianjur, Gus Halim: Boleh Pakai Talangan Dana Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar saat mengunjungi korban gempa Cianjur (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) mengunjungi lokasi gempa di Cianjur, Jawa Barat, Minggu 27 November 2022 kemarin.

Dalam kesempatan itu, Gus Halim memastikan masyarakat boleh menggunakan talangan dana desa untuk penanggulangan gempa di Cianjur. Hal ini telah diatur dalam Permendes PDTT Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Proritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022.

"Sudah lama ada regulasi yang memberikan ruang yang cukup fleksibel bagi pemanfaatan dana desa untuk bencana. Bahkan pinjam dana talanganpun dibolehkan," kata Gus Halim.

"Misalnya kayak gini dana desa kan sedang tidak ada karena akhir tahun. Diperbolehkan pinjam karena sesuai regulasi yang diatur. Ketika nanti dana desanya cair bisa digunakan untuk bayar dana talangan. Sangat mungkin, sangat bisa," paparnya.

Selain itu, Gus Halim meminta kepada seluruh warga terdampak gempa untuk bersabar dan memastikan tempat pengungsian yang ditempatinya aman, "Pemerintah akan terus berusaha menyelesaikan dan mencairkan solusi terbaik masalah ini,” imbuhnya.

Diketahui, terjadi gempa di Cianjur dengan kekuatan Magnitudo5.6 pada Senin, 21 November lalu. Data BNPB menunjukkan 318 korban meninggal, 14 orang belum ditemukan, dan 7.729 orang mengalami luka-luka. Insiden ini juga mengakibatkan rumah serta fasilitas umum rusak.

Tags : Gempa Cianjur , Gus Halim , Kemendes PDTT

Berita Terkait