Jokowi: Keberagaman Merupakan Kekuatan Besar Bangsa Indonesia

| Selasa, 29/11/2022 20:23 WIB
Jokowi: Keberagaman Merupakan Kekuatan Besar Bangsa Indonesia Presiden Jokowi membuka Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo Bangkule Rajaking (TBBR) di Rumah Radakng (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa, 29 November 2022. Setibanya di Bandar Udara (Bandara) Internasional Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Presiden langsung menuju Kota Pontianak.

Di Pontianak, Presiden Jokowi membuka secara resmi Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo Bangkule Rajaking (TBBR) di Rumah Radakng.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menegaskan bahwa keberagaman suku yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan kekuatan besar bagi Indonesia.

“Perbedaan itu bukan memecah belah, perbedaan itu adalah kekuatan, perbedaan itu bukan melemahkan, tetapi adalah menguatkan. Jadi jangan sampai karena kita berbeda suku, berbeda subsuku, menjadi kelihatan pecah belah. Justru karena kita berbeda-beda itulah menjadi sebuah kekuatan besar,” ujarnya.

Presiden Jokowi mengungkapkan, suku yang ada di Indonesia mencapai 714 suku, termasuk suku Dayak yang memiliki 406 subsuku. Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan memelihara budaya daerahnya masing-masing.

“Jangan dilupakan mengenai budaya, mengenai kebudayaan, jangan dilupakan. Kita harus bersama-sama merawat, bersama-sama menjaga, bersama-sama memelihara agar budaya kita ini tetap terawat dengan baik,” ungkapnya.

Tags : Keberagaman , Budaya , Indonesia , Presiden Jokowi

Berita Terkait