Menaker Ida Fauziyah: Jepang Butuh Peserta Pemagangan dan Tenaga Kerja Indonesia

| Rabu, 30/11/2022 21:04 WIB
Menaker Ida Fauziyah: Jepang Butuh Peserta Pemagangan dan Tenaga Kerja Indonesia Menaker Ida Fauziyah (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menegaskan bahwa Jepang sangat membutuhkan peserta pemagangan dan tenaga kerja dari Indonesia.

"Mereka (Jepang) sangat membutuhkan peserta pemagangan dari Indonesia maupun membutuhkan pekerja skill dari Indonesia,” kata Menaker Ida Fauziyah dalam rilisnya, Rabu, 30 November 2022.

Saat bertemu dengan Duta Besar RI untuk Jepang, Heri Akhmadi dan Asosiasi Penyelanggara Pemagangan Luar Negeri (AP2LN), Menaker Ida menyampaikan bahwa peserta pemagangan dan pekerja dari Indonesia tak banyak perhitungan dan gak neko-neko.

“(Jepang) Senang dengan tenaga kerja Indonesia karena gak perhitungan, gak neko-neko, gak macem-macem," imbuhnya.

Menurutnya, dalam menempatkan pemagangan maupun pekerja di Jepang, Kemnaker tidak hanya berorientasi pada jumlah atau kuantitas, tetapi juga pada kualitas.

"Hulunya kita siapkan dengan baik mulai dari kompetensi bahasa kemudian diperkuat dengan soft skill. Hard skill memang harus kita siapkan, tapi sisi-sisi lain yang menjadi keunggulan pekerja kita juga harus dipertahankan. Saya kira dari awal kita sudah mitigasi apa yang perlu disiapkan," ucapnya.

Tags : Program Pemagangan , Pekerja Migran Indonesia , Kemnaker

Berita Terkait