Papua Selatan Didorong jadi Lumbung Pangan Nasional di Indonesia Timur

| Rabu, 30/11/2022 23:07 WIB
Papua Selatan Didorong jadi Lumbung Pangan Nasional di Indonesia Timur Wapres RI, KH Maruf Amin melakukan pertemuan dengan Pj. Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo beserta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Papua Selatan, anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Merauke, tokoh agama, dan tokoh masyarakat Merauke di Hotel SwissBell, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Rabu (30/11). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah mendorong Papua Selatan untuk menjadi salah satu lumbung pangan untuk mendukung ketahanan pangan nasional, khususnya di Indonesia bagian timur. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Presiden RI (Wapres) KH Maruf Amin saat bertemu dengan Pj. Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo beserta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Papua Selatan, anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Merauke, tokoh agama, dan tokoh masyarakat Merauke di Hotel SwissBell, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Rabu, 30 November 2022.

"Kita perlu fokus untuk menjadikan Papua Selatan sebagai lumbung pangan nasional di timur Indonesia, baik sentra padi, sentra perikanan dan sentra peternakan," ujarnya dilansir dari laman resmi Setkab RI.

Wapres menekankan, eksplorasi Papua Selatan sebagai wilayah yang potensial untuk menjadi lumbung pangan harus dilakukan dengan tetap memperhatikan pandangan dari masyarakat lokal. Oleh karena itu, keterlibatan orang asli Papua (OAP) sebagai elemen yang paling mengerti tentang lahan di daerahnya sangat penting dalam proses ini.

"Rumuskan pendekatan yang terintegrasi sejak hulu ke hilir, pastikan keterlibatan masyarakat asli Papua," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Wapres pun mengajak semua pihak untuk bersama-sama mempercepat pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua, khususnya Papua Selatan. "Mari satukan hati, satukan tujuan, izakod bekai izakod kai, dalam mempercepat pembangunan Indonesia dari Papua Selatan," pungkasnya.

Tags : Wapres , Papua Selatan , Lumbung Pangan , Indonesia