Menkes Budi Nilai Penularan COVID-19 di Indonesia Masih Terkendali

| Selasa, 06/12/2022 21:31 WIB
Menkes Budi Nilai Penularan COVID-19 di Indonesia Masih Terkendali Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi sadikin menilai penularan COVID-19 di Indonesia masih tergolong terkendali pada awal Desember 2022, beberapa pekan menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru.

"Alhamdulillah sampai sekarang situasi terkendali untuk penyebaran COVID-19 di Indonesia," kata Menkes Budi dikutip dari laman antaranews, Selasa, 6 Desember 2022.

Diungkapkannya, saat ini tren COVID-19 puncaknya sudah sampai dan akan menurun. "Pengamatan saya, sekarang puncaknya sudah sampai. Jadi nanti trennya akan menurun," ucapnya.

Menteri Kesehatan mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah mengagendakan rapat kabinet untuk membahas kondisi penularan COVID-19 serta kebijakan pemerintah mengantisipasi potensi peningkatan penularan virus corona semasa libur Natal dan Tahun Baru.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk mengendalikan penularan COVID-19.  Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 50 Tahun 2022 mengenai perpanjangan PPKM di wilayah
Jawa dan Bali dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 51 Tahun 2022 tentang perpanjangan PPKM di luar Jawa dan Bali diberlakukan dari 6 Desember 2022 sampai 9 Januari 2023.

Kedua instruksi menteri dalam negeri tersebut dikeluarkan guna mengantisipasi potensi peningkatan penularan COVID-19 akibat peningkatan mobilitas warga semasa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Tags : Menteri Kesehatan RI , COVID-19 , Tahun Baru , Indonesia

Berita Terkait