Cegah KKN, Menteri Budi G Sadikin Lakukan Transformasi Budaya Kerja Kemenkes

| Kamis, 08/12/2022 21:59 WIB
Cegah KKN, Menteri Budi G Sadikin Lakukan Transformasi Budaya Kerja Kemenkes Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin melakukan transformasi budaya kerja di internal Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Menurutnya, transformasi budaya kerja dilakukan untuk meningkatkan integritas pegawai dan mencegah terjadinya korupsi, kolusi dan nepostisme.

“Tugas saya adalah transformasi sistem kesehatan nasional dan kita punya 6 pilar. Tapi saya tahu transformasi ini hanya bisa berjalan dan berkesinambungan kalau internal Kementerian Kesehatannya juga melakukan transformasi,” ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Kamis, 8 Desember 2022.

Menkes Budi menjelaskan bahwa pilar transformasi itu sebenarnya ada 7, pilar yang ke-7 adalah transformasi budaya kerja Kemenkes, “Karena kalau tidak dilakukan tidak mungkin transformasi bisa berkesinambungan,” tambahnya.

Ia menegaskan bahwa untuk bisa mengubah budaya kerja Kemenkes itu tidak diperlukan waktu sampai 5 tahun supaya bisa berubah. Budaya kerja bukan sesuatu yang dihasilkan hanya dengan melihat di slogan di poster atau layar komputer.

“Budaya kerja itu tidak ada di sana, budaya kerja baru berhasil kalau ada di hati dan diwujudkan dengan prilaku ,” tegasnya.

Menkes Budi menuturkan bahwa suatu institusi dibilang budaya kerjanya bagus bukan dari nilainya, melainkan budaya kerja itu berhasil kalau semua orang sudah bisa merasakannya.

“Budaya profesionalisme penting, dan didalamnya ada budaya terkait integritas yang lebih penting lagi, dan prilaku anti korupsi masuk ke integritas itu,” tutur Menkes Budi.

Tags : KKN , Kemenkes

Berita Terkait