Pemerintah Siapkan Industri Olah Bijih Bauksit

| Rabu, 21/12/2022 20:44 WIB
Pemerintah Siapkan Industri Olah Bijih Bauksit Industri Baja (Doc: Kemenperin)

RADARBANGSA.COM - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, sudah ada empat industri yang siap mengolah bijih bauksit di dalam negeri.

“Kesiapan di industri di dalam negeri, ini sudah ada empat fasilitas pemurnian bauksit yang eksisting dengan kapasitas alumina sebesar 4,3 juta ton,” ujar Airlangga Hartarto dalam keterangan persnya di Istana Merdeka Jakarta, Rabu 21 Desember 2022.

Selain empat industri tersebut ada juga fasilitas pemurnian bauksit yang dalam tahap pembangunan memiliki kapasitas input sebesar 27,41 juta ton dengan kapasitas produksi 4,98 juta ton atau mendekati 5 juta ton.

“Dan cadangan bauksit kita kan besar, 3,2 miliar ton dan ini bisa memenuhi kapasitas sebesar 41,5 ton. Jadi dari jumlah smelter yang disiapkan delapan tersebut masih bisa dua belas smelter lain dan ketahanan dari pada bauksit kita itu antara 90-100 tahun masih cukup reserve yang ada,” ujarnya.

Seperti diketahui, Pemerintah memutuskan melakukan pelarangan ekspor bijih bauksit sekaligus mendorong industri pengolahan dan pemurnian bauksit di dalam negeri.

“Saya ulangi, mulai Juni 2023 pemerintah akan memberlakukan pelarangan ekspor bijih bauksit dan mendorong industri pengolahan dan pemurnian bauksit di dalam negeri,” ujar Presiden Jokowi dalam pernyataan persnya, Rabu, 21 Desember 2022.

Tags : Bijih Bauksit , Industri Besi

Berita Terkait