Pemerintah Targetkan RSUD Bisa Layani Penyakit Katastropik

| Selasa, 27/12/2022 22:35 WIB
Pemerintah Targetkan RSUD Bisa Layani Penyakit Katastropik Ilustrasi jantung (gambar: klikdokter)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan layanan empat penyakit katastropik Jantung, Stroke, Ginjal, dan Kanker dapat dilaksakan di seluruh rumah sakit Kabupaten/Kota di Indonesia.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehayan, dr. Azhar Jaya mengatakan, hal ini merupakan langkah untuk mendekatkan akses layanan kesehatan rujukan kepada masyarakat Indonesia, sekaligus untuk mengurangi beban pembiayaan kesehatan.

“Saat ini belum semua rumah sakit di Indonesia memiliki alat kesehatan lengkap untuk pengobatan penyakit kanker, jantung, stroke, dan uronefrologi,” ujar Azhar dalam rilisnya, Senin, 26 Desember 2022.

Sebagai contoh untuk penyakit jantung, lanjut Azhar, tidak semua provinsi memiliki rumah sakit dengan fasilitas untuk pasang ring di jantung. Dari 34 provinsi, yang bisa melakukan operasi pasang ring hanya 28 provinsi dan 22 provinsi yang bisa melakukan operasi jantung terbuka.

“Ditargetkan 34 rumah sakit di seluruh provinsi pada 2024 bisa melayani penyakit kanker, jantung, stroke, dan uronefrologi,” imbuhnya.

Sebagai informasi, anggaran yang diperlukan untuk mengejar target 50% kabupaten/kota tersebut sebesar Rp 3,55 triliun. Anggaran tersebut disalurkan ke daerah sehingga yang melakukan pembelian alat kesehatan adalah pemerintah daerah.

Tags : Jantung , Stroke , Kanker , Ginjal

Berita Terkait