Pencabutan PPKM Berdampak Positif di Sektor Pariwisata

| Selasa, 03/01/2023 15:59 WIB
Pencabutan PPKM Berdampak Positif di Sektor Pariwisata lokasi dekat bendungan Tamblang Bali (foto: pupr)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan keputusan pemerintah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan berdampak positif terhadap kinerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.. 

"Saya ingin menyampaikan bahwa ada berita baik yaitu kemarin Presiden mengumumkan akhir dari PPKM. Ini karena tentunya kita mampu mengendalikan pandemi," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis, Selasa 3 Januari 2023.

Dampak positifnya adalah kegiatan dan mobilitas masyarakat termasuk wisatawan saat ini tidak lagi dibatasi. Di samping itu minat dan kepercayaan wisatawan akan meningkat untuk berwisata di #IndonesiaAja. 

"Dampak terhadap pariwisata akan sangat positif, akan sangat signifikan, sehingga kita semakin yakin target pencapaian wisatawan nusantara yang dua kali lipat mencapai 1,4 miliar pergerakan dan wisatawan mancanegara ke 7,4 juta wisman. Setengahnya akan ada di Bali, dan itu akan bisa kita wujudkan di tahun 2023 dan 2024 ada target 4,4 juta lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa kita perjuangkan untuk kita realisasikan," kata Menparekraf Sandiaga. 

Sebelumnya Presiden Joko Widodo pada Jumat secara resmi telah mencabut pemberlakuan PPKM menyusul situasi pandemi COVID-19 di Indonesia yang sudah melandai. Kasus harian COVID-19 pada 27 Desember 2022 hanya 1,7 kasus per 1 juta penduduk. Positivity rate mingguan juga sudah berada di angka 3,3 persen, bed occupancy rate 4,79 persen, serta angka kematian 2,39 persen

 

Tags : pariwisata , bali ,