Cegah Banjir, Pemkot Tangerang Bangun 9 Embung

| Senin, 09/01/2023 22:21 WIB
Cegah Banjir, Pemkot Tangerang Bangun 9 Embung Petugas saat memperbaiki tanggul untuk mengantisipasi meluapnya sungai ke pemukiman (foto: tangerangkota)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) membangun sembilan embung baru yang akan dilaksanakan pada tahun 2023.

Kepala Dinas PUPR, Ruta Ireng Wicaksono mengatakan, pembangunan Sembilan embung tersebut guna mencegah banjir di Kota Tangerang.

“Kami akan membangun sebanyak sembilan unit embung di tujuh titik di Kota Tangerang. Kita sebelumnya sudah memiliki delapan embung yaitu di Kelurahan Nusa Jaya, Kelurahan Bugel, Cipondoh Makmur, Kampung Darusalam, Embung Larangan, Kelurahan Cipondoh Indah, Kelurahan Pondok Bahar," kata Wicaksono dalam rilisnya, Senin, 9 Januari 2023.

Menurut Wicaksono, embung-embung tersebut dibangun di dekat titik-titik yang merupakan daerah rawan banjir dan tidak jauh dari saluran air primer maupun sekunder yang ada di Kota Tangerang.

"Embung-embung ini akan dibangun di dekat titik-titik yang merupakan daerah rawan banjir di Kota Tangerang, dan lokasinya tidak jauh dari saluran air sekunder dan primer yang terhubung ke sungai ataupun kali.

Wicaksono berharap dengan pembangunan embung tersebut dapat menambah kapasitas pengendalian banjir di Kota Tangerang terutama dalam hal manajemen air. "Mudah-mudahan dengan terbentuknya embung yang baru di 2023 ini, dapat menambah kapasitas pengendalian banjir di Kota Tangerang terutama dalam hal manajemen air, kapan air harus parkir dulu atau dialirkan, karena Kota Tangerang konturnya relatif datar,” harapnya.

Tags : Banjir , BNPB

Berita Terkait