BMKG Jatim Minta Masyarakat Waspadai Gelombang Tinggi Air Laut Pasang

| Selasa, 10/01/2023 16:03 WIB
BMKG Jatim Minta Masyarakat Waspadai Gelombang Tinggi Air Laut Pasang Gelombang Air Pasang (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak Surabaya, meminta masyarakat untuk mewaspadai gelombang tinggi air laut pasang yang bisa melebihi 2,5 meter di wilayah Perairan Selatan Provinsi Jawa Timur dan Samudra Hindia Selatan Jatim.

Peringatan berlaku mulai Hari Ini Selasa 10 Januari 2023 sejak pukul 07.00 WIB dini hari.

Menurut laporan dari situs BMKG.  ketinggian gelombang air laut di Selat Madura berada antara 0.1 – 0.5 meter, sedangkan di Laut Jawa bagian timur berada antara 0.2 – 0.8 meter. Untuk di Samudra Hindia Selatan Jatim antara 1.3 – 3.0 meter.

Khusus wilayah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan gelombang air laut berada pada 1.3 meter sejak pukul 00.00 WIB , kemudian air laut surut mencapai titik Low Water (LW) atau air surut terendah harian dengan berkurang  – 1.0 meter pada pukul 08.00 WIB lalu mencapai titik High Water  (HW) atau air pasang tertinggi harian dengan naik 0.3 meter pada pukul 14.00 WIB.

Selain itu, BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya juga memprakirakan cuaca maritim yang dapat terjadi di sebagian besar Wilayah Perairan Jawa Timur. Yakni akan adanya potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.  

Cuaca tersebut dipengaruhi oleh kondisi angin yang didominasi bertiup dari arah Selatan ke arah Barat Daya dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sejumlah 15 knots atau 28 kilometer per jam. Dan di Samudera Hindia Selatan Jatim sejumlah 14 knots atau 26 kilometer per jam. 

Tags : bmkg , gelombang , air laut ,

Berita Terkait