Cegah Banjir, Kota Tangerang Bikin Sumur Resapan

| Selasa, 10/01/2023 20:17 WIB
Cegah Banjir, Kota Tangerang Bikin Sumur Resapan Sumur resapan di Kota Tangerang (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), akan menambah sebanyak 20 sumur resapan dan 50 biopori super jumbo, untuk mencegah terjadinya banjir.

"Di tahun 2023, kami akan membangun sebanyak 20 sumur resapan dan 50 biopori super jumbo,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Tihar Sopian di Tangerang, Banten, Selasa, 10 Januari 2023.

Menurut Tihar, pembangunan sumur resapan tersebut akan menggunakan skala prioritas, di mana akan dilakukan pembangunan terlebih dahulu di wilayah atau titik-titik yang memang rawan mengalami banjir di Kota Tangerang dengan menggunakan biopori mini, jumbo dan super jumbo.

"Metode yang digunakan masih sama yaitu ada biopori yang terdiri dari biopori mini, biopori jumbo dan super jumbo. Biopori ini kedalamannya mencapai hingga satu meter,” imbuhnya.

Lalu, kata Tihar, sumur injeksi kedalamannya hingga 40 meter dan kolam retensi yang akan menampung debit air tergantung dengan lokasi existing yang akan kami bangun baik dari lebar, panjang, dan kedalamannya.

"Harapan kami dan harapan kita bersama, air yang datang ketika hujan turun dapat menjadi berkah. Air yang sudah masuk ke perut bumi, dapat menjadi konservasi dan bermanfaat bagi kita semua dengan bonus tidak terjadi genangan dan mudah-mudahan di tahun ini tidak terjadi banjir di Kota Tangerang," tukasnya.

Tags : Sumur Resapan , Kota Tangerang

Berita Terkait