Program RPL Desa Mulai Dirasakan, Gus Halim: Perencanaan Desa Jadi Lebih Sistematis

| Jum'at, 20/01/2023 20:08 WIB
Program RPL Desa Mulai Dirasakan, Gus Halim: Perencanaan Desa Jadi Lebih Sistematis Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan, Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Desa yang dilaksanakan sejak satu tahun terakhir telah memberikan manfaat dalam pembangunan desa.

“Selama kuliah, perangkat desa dapat mengetahui teori dari seluruh pekerjaan yang selama ini dilakukan. Selain itu juga dapat menyusun langkah strategis sehingga pembangunan desa dapat dilaksanakan lebih sistematis,” kata Menteri Desa PDTT Abdul Halim di Surabaya, Kamis, 19 Januari 2023.

Gus Halim mengaku, dirinya terus memantau program RPL Desa. Salah satunya di Bojonegoro, Jawa Timur. Berdasakan laporan Bupati Bojonegoro Anna Muawanah betapa signifikannya mahasiswa RPL Desa dengan kondisi lapangan pasca mengikuti kuliah.

“Saya memantau mengajak bicara dengan mahasiswa RPL Desa kesimpulan saya sangat bermanfaat jangka pendek, menengah, dan panjang. Implementasi yang sudah dilakukan menjadi lebih baik," jelasnya.

Gus Halim menyampaikan, mahasiswa tersebut sudah pernah bergelut dengan pengalaman luar biasa, lalu ada teori terjadilah pembenahan. Langkahnya menjadi lebih sistematis karena ada ilmunya.

"Paduannya pas, kita sudah melakukan kegiatan lalu kita tahu, oh ini teorinya. Narasinya juga menjadi lebih bagus. Selain melaksanakan juga bisa menjelaskan ke orang lain. Dari beberapa pihak yang saya tanya, semangat mahasiswa RPL tidak kalah dari semangat mahasiswa reguler," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Mu'awwanah memaparkan manfaat RPL Desa untuk Bojonegoro khususnya dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pada akhir 2022, IPM Bojonegoro masuk kategori tinggi dengan nilai lebih dari 70 setelah tiga tahun berada di posisi sedang.

Capaian ini akan terus dikembangkan sehingga IPM Bojonegoro meningkat tajam. Anna yakin alokasi dana untuk beasiswa perangkat desa melalui RPL adalah langkah yang tepat dan akan dilanjutkan.

"Kami akan mendorong IPM di Bojonegoro terus naik. Sekarang masuk 7 digit, sebelumnya 6 digit. Ini salah satu prestasi jangka panjang di Bojonegoro," tukasnya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait