Bupati Bojonegoro Anna Mu`awwanah Ingin Program RPL Desa Lanjut Pascasarjana

| Jum'at, 20/01/2023 19:25 WIB
Bupati Bojonegoro Anna Mu`awwanah Ingin Program RPL Desa Lanjut Pascasarjana

RADARBANGSA.COM - Bupati Bojonegoro Anna Mu'awwanah mengatakan, Pemerintah Daerah Bojonegoro berencana melanjutkan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Desa untuk program Pascasarjana. Hal ini berkiblat pada suksesnya program sarjana RPL Desa yang kini memasuki semester tiga.

"Kalau sudah lulus S1 selanjutnya to be continued S2 di Unesa. Ini rencana jangka panjang kami. Mohon izin ya Pak Menteri," kata Bupati Anna Mu’awwanah saat mengikuti kuliah virtual Menteri Desa PDTT Halim Iskandar, Kamis, 19 Januari 2023.

Bupati Anna membeberkan manfaat RPL yang telah dirasakan oleh desa. Menurutnya, perangkat desa yang mengikuti kuliah melalui RPL menjadi lebih berpikiran terbuka dan sistematis dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

“Salah satu buktinya adalah dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Bojonegoro. Kabupaten di Jawa Timur ini berhasil masuk kategori tinggi dengan nilai lebih dari 70 setelah tiga tahun berturut-turut berada di posisi sedang,” kata Bupati Anna.

Sebelumnya, Mendes PDTT Halim Iskandar mengatakan, program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Desa yang dilaksanakan sejak satu tahun terakhir telah memberikan manfaat dalam pembangunan desa.

“Selama kuliah, perangkat desa dapat mengetahui teori dari seluruh pekerjaan yang selama ini dilakukan. Selain itu juga dapat menyusun langkah strategis sehingga pembangunan desa dapat dilaksanakan lebih sistematis,” kata Menteri Desa PDTT Abdul Halim di Surabaya, Kamis, 19 Januari 2023.

Gus Halim mengaku, dirinya terus memantau program RPL Desa. Salah satunya di Bojonegoro, Jawa Timur. Berdasakan laporan Bupati Bojonegoro Anna Muawanah betapa signifikannya mahasiswa RPL Desa dengan kondisi lapangan pasca mengikuti kuliah.

“Saya memantau mengajak bicara dengan mahasiswa RPL Desa kesimpulan saya sangat bermanfaat jangka pendek, menengah, dan panjang. Implementasi yang sudah dilakukan menjadi lebih baik," jelasnya.

Tags : RPL Desa , Kemendes PDTT

Berita Terkait