Upaya Pementah Penuhi Kebutuhan Tenaga Kesehatan di Daerah

| Selasa, 31/01/2023 23:02 WIB
Upaya Pementah Penuhi Kebutuhan Tenaga Kesehatan di Daerah ilustrasi Dokter dan tenaga medis (foto:istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan transformasi Politeknik Kesehatan atau Poltekkes dengan cara meningkatkan perarnya di daerah. Hal ini dilakukan dalam rangka percepatan pemenuhan tenaga kesehatan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Dirjen Tenaga Kesehatan drg. Arianti Anaya, mengatakan, sebanyak 2.537 lulusan Poltekkes telah mengisi 6.293 Puskesmas yang tersebar di seluruh Indonesia. Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan telah bekerja sama dengan LPDP, memberikan 1.676 beasiswa dokter, dokter spesialis, dan fellowship.

Airanti juga mengatakan komitmen pemenuhan tenaga kesehatan juga dilakukan dengan cara menempatkan 10.524 dokter dan 392 dokter gigi internsip di RS dan Puskesmas.

“500 dokter spesiaslis telah ditempatkan di 334 RSUD. Adaptasi dokter spesialis WNI lulusan luar negeri tahun ini telah ditempatkan sebanyak 7 orang,” ujar Arianti.

Dalam hal penyediaan dokter, lanjut Arianti, akselerasi pemenuhan dokter dan dokter spesialis dilakukan melalui Academic Health System (AHS) dengan penambahan kuota mahasiswa (dokter 18,7%, spesialis 22,3%), peningkatan RS Pendidikan menjadi 222 Rumah Sakit, penambahan 200 dosen, dan fakultas kedokteran.

“Upaya tersebut merupakan capaian kinerja Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan di Tahun 2022 yang menunjukkan arah positif,” tukasnya.

Tags : Tenaga Kesehatan , Kemenkes , Perawat

Berita Terkait