Indonesia jadi Ketua ASEAN, Menlu Retno Bakal Undang Wakil non-Politik Myanmar

| Rabu, 01/02/2023 18:17 WIB
Indonesia jadi Ketua ASEAN, Menlu Retno Bakal Undang Wakil non-Politik Myanmar Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri RI). (Foto: twitter @Menlu_RI)

RADARBANGSA.COM - Indonesia telah resmi menjadi Ketua ASEAN. Untuk itu, dalam waktu dekat Indonesia memastikan akan mengundang perwakilan non-politik Myanmar dalam konferensi tingkat tinggi ASEAN pada Mei 2023 mendatang.

Terdekat, Indonesia juga bakal mengundang Myanmar dalam pertemuan tingkat menteri luar negeri ASEAN pada 3-4 Februari 2023. Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi di Kantor Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Rabu, 1 Februari 2023.

"Untuk KTT dan pertemuan tingkat menteri luar negeri ASEAN maka perwakilan Myanmar yang diundang adalah pada tingkat non-political level. Jadi undangan tetap ada," ujarnya dikutip dari cnnindonesia.com.

Diungkapkannya, undangan ini merupakan suatu kemajuan dibandingkan KTT ASEAN 2021 lalu. Kala itu, Myanmar sama sekali tak mengirimkan perwakilan apapun, termasuk perwakilan non politik, ke Indonesia selaku tuan rumah.

"Di dalam ruangan pertemuan akan ada meja untuk Myanmar tetapi undangannya diberikan kepada non-political level. Akan sangat terserah kepada Myanmar bagaimana merespons undangan ini," tuturnya.

Tags : Menlu RI , Indonesia , ASEAN , Myanmar