Kemenhub Pastikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Juli 2023

| Kamis, 02/02/2023 17:55 WIB
Kemenhub Pastikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Juli 2023 kereta cepat jakarta bandung (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dapat dioperasikan pada Juli 2023 nanti. Hal tersebut sesuai dengan target yang sudah ditetapkan.

Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal mengatakan pengerjaan proyek KCJB saat ini masih terus berlangsung dikerjakan oleh pihak KCIC dan juga KAI. Dia juga mengungkapkan bahwa ada kemungkinan pengoperasian KCJB berbarengan dengan pengoperasian LRT Jabodetabek.

"Masih, Insya Allah masih sesuai target. Apakah nanti akan bersamaan dengan LRT, nanti kita lihat," ujarnya dikutip dari okezone.com, Kamis, 2 Februari 2023.

Dijelaskannya, sejauh ini tidak ada kendala dalam pembangunan proyek KCJB baik dari konstruksi maupun segi lainnya. Lebih lanjut disampaikan Risal bahwa dengan adanya KCJB tersebut diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang terjadi diantara Jakarta-Bandung.

Hal tersebut dikarenakan waktu tempat yang akan menjadi perhitungan bagi masyarakat untuk beralih ke transportasi umum. "Kita berharap kereta cepat ini mengubah budaya baru. Kereta cepat ini nilai waktu semakin dipertimbangkan ke depannya," tuturnya.

Sementara itu untuk mendukung konektivitas pergerakan masyarakat. Risal mengatakan pihaknya bersama dengan KAI tengah membangun sistem intergrasi dengan moda transportasi lainnya.

"Pastinya akan selalu terintegrasi satu sama lain, baik intermoda maupun antarmoda," pungkasnya.

Tags : Kemenhub RI , Kereta Cepat , Jakarta , Bandung , Transportasi