Tingkatkan Daya Beli Masyarakat, Gus Halim Ajak Warga Desa Sukseskan Program PKTD

| Jum'at, 03/02/2023 17:58 WIB
Tingkatkan Daya Beli Masyarakat, Gus Halim Ajak Warga Desa Sukseskan Program PKTD Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah mengajak warga desa untuk turut mensukseskan gerakan padat karya tunai desa (PKTD) agar daya beli masyarakat dan perekonomian desa terus meningkat.

“Kita minta kepada seluruh desa-desa di seluruh Indonesia untuk menggerakkan semua pembangunan desa, penyerapan dana desa dengan melalui program padat karya tunai desa,” ajak Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar di Bintan, Kepulauan Riau, Kamis, 2 Februari 2023.

Menurut Gus Halim-sapaan akrabnya, PKTD sengaja digenjot pada Februari dan Agustus untuk mempercepat penyerapan dana desa sekaligus memberikan lapangan kerja bagi warga desa.

Namun, ia mewanti-wanti terkait PKTD bahwa pembangunan harus dilaksanakan oleh desa melibatkan warga desa setempat dan digaji secara tunai, bisa harian atau mingguan.

Sementara itu, Gus Halim juga meminta PKTD yang diusulkan desa juga betul-betul berbasis kebutuhan alias tidak asal membangun. “Supaya Kementerian PUPR tidak kesulitan memutuskan maka usulan-usulan dari desa saya harapkan betul-betul berbasis masalah, berbasis kebutuhan, bukan sekedar usul,” imbuhnya.

Tags : Gus Halim , PKTD , Warga Desa